Kerjasama Penelitian

PT NGAGEL CITRA RUBBERINDO

BPTK menjalin kerja sama litbang dengan PT Ngagel Citra Rubberindo pada tahun 2015 hingga 2018.  Tahun 2015/2016, kerja sama dijalin melalui Skema Insentif Sistem Inovasi Nasional (INSINAS) dari Kementerian Ristekdikti mengenai Disain Kompon Karet untuk Karet Bantalan Jembatan dan Pengembangan Teknik Fabrikasi Bantalan Karet untuk Perletakan Jembatan. Kerja sama dilanjutkan pada tahun 2017/2018 pada Skema Insentif Inovasi Teknologi yang Dimanfaatkan di Industri juga merupakan pendanaan dari Kementerian Ristekdikti mengenai Analisis Konsistensi Mutu pada Uji Coba Produksi Karet Bantalan Jembatan Skala Produksi

PT MITRA CMB

PT MITRA CMB terlibat dalam kegiatan litbang BPTK dari tahun 2015/2016 melalui Skema Insentif Sistem Inovasi Nasional (INSINAS) dari Kementerian Ristekdikti mengenai Disain Pembuatan Rubber Seal di tahun 2015 dan dilanjutkan tahun 2016 berfokus pada Pembuatan Komponen Karet pada Katup Tabung dan Regulator Gas LPG dari Karet Alam Epoksi

BALAI BESAR PASCA PANEN PERTANIAN – BADAN LITBANGTAN

BALIT PERTANIAN LAHAN RAWA – BADAN LITBANGTAN

Kedua Balitbang dalam Lingkup Badan Litbang Pertanian yang terlibat dalam kegiatan R&D BPTK adalah Balai Besar Pasca Penen Pertanian (BB Pasca Panen) dan Balit Pertanian Lahan Rawa. Kerja sama R&D ini mendapatkan dana hibah dari Badan Litbang Pertanian – Kementerian Pertanian dengan Skema Kerja sama Kemitraan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Nasional (KKP3N) dan Kerja sama Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan Pertanian Strategis (KP4S).

BPTK bersama BB Pasca Panen dan UI mengembangkan Nanokomposit Karet Alam dengan Bahan Pengisi Bentonite Alam Termodifikasi dengan pendanaan skema KKP3N 2015/2016. Sementara dengan pihak Balitbang Lahan Rawa mengenai Pengembangan Komposit Karet Alam untuk Canal Blocking pada Tata Kelola Air di Lahan Gambut melalui hibah KKP3N 2016 dan KP4S 2017.

 

PT MASTIC UTAMA SARANA

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan litbang mengenai Pembuatan Aspal Modifikasi Skala Industri Berbasis Campuran Aspal dan Lateks Pravulkanisasi, BPTK berkolaborasi dengan PT Mastic Utama Sarana selaku salah satu industri TAC terkemuka di Indonesia. Kolaborasi R&D tersebut mendapatkan pendanaan dari Kementerian Ristekdikti dengan Skema Insentif Inovasi Teknologi yang Dimanfaatkan di Industri TA 2017 dan 2018.

PT CIPTA DAYA MANDIRI INSANI

Kerja sama erat telah dibangun antara BPTK dengan PT Cipta Daya Mandiri Insani (CDMI) sejak tahun 2017 dan 2019/2020. Pada tahun 2017 melalui Skema Pendanaan Insentif Inovasi Teknologi yang Dimanfaatkan di Industri Kementerian Ristekdikti, BPTK dan PT CDMI mengembangkan Uji Coba Produksi Rubber Seal untuk Tabung Gas LPG. Kerja sama terus dilanjutkan hingga pada tahun 2019/2020 dengan pendanaan melalui Skema Riset Inovasi Produktif (RISPRO) Kompetitif dengan kembali melakukan Uji Coba Produksi Rubber Seal untuk Tabung Gas LPG.

FAKULTAS MIPA – UNIVERSITAS INDONESIA

FAKULTAS TEKNIK – UNIVERSITAS INDONESIA

Mitra kerja sama riset BPTK tidak terbatas pada kalangan industri, melainkan juga dari pihak Akademisi. Fakultas MIPA dan Fakultas Teknik dalam Lingkup Universitas Indonesia (UI) telah menjadi mitra riset BPTK sejak tahun 2015 hingga saat ini. Kerja sama telah diinisiasi melalui kemitraan BPTK dan Departemen Fisika Fakultas MIPA UI dalam mengembangkan nanokomposit karet alam menggunakan bahan pengisi bentonite termodifikasi dengan pendanaan KKP3N 2015 dan 2016.

Selanjutnya pada tahun 2017 dan 2018 dari pendanaan dengan Skema INISINAS – Kementerian Ristekdikti, BPTK dan Departemen Fakultas Teknik UI mengadakan kolaborasi riset mengenai pembuatan specialty rubber tipe karet alam hidrogenasi untuk substitusi karet sintetik. Kerja sama riset dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia terus dipelihara oleh BPTK hingga tahun 2020 dengan keberhasilan mendapatkan pendanaan INISINAS untuk mengkaji formulasi kompon karet yang diperlukan dalam pembuatan cushion gum perekat pada ban vulkanisir.

PT SUPER VULKANIN ADIJAYA

Kegiatan penelitian dan pengembangan BPTK dalam bidang teknologi ban vulkanisir dilaksanakan dengan menggandeng PT Super Vulkanin Adijaya, salah satu industri ban vulkanisir terbesar di Asia Tenggara. Pada tahun 2019, kerja sama antara BPTK dan PT Super Vulkanin Adijaya direalisasikan dengan melaksanakan Uji Coba Produksi Telapak Solid Tyre untuk Roda Forklift Vulkanisir dengan pendanaan dari Insentif Inovasi Teknologi yang Dimanfaatkan di Industri Kementerian Ristekdikti.

PUSAT SAINS DAN TEKNOLOGI AKSELERATOR (PSTA) – BATAN

PUSAT APLIKASI ISOTOP DAN RADIASI (PAIR) – BATAN

Kerja sama riset Sinergi PUI telah dilaksanakan BPTK dengan menjalin kerja sama dengan pihak Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) – BATAN. BPTK yang merupakan salah satu unit kerja Pusat Penelitian Karet (PUI Karet) bersama dengan PSTA selaku PUI Akselerator dan Proses Bahan mengembangkan produk Lateks Karet Alam Irradiasi dengan menggunakan Mesin Berkas Elektron (MBE) pada tahun 2019. Selanjutnya kerja sama riset mengenai lateks karet alam Irradiasi diperluas oleh BPTK dengan berkolaborasi bersama Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) untuk melakukan Irradiasi lateks karet alam menggunakan Gamma Irradiator. Lateks Irradiasi Gamma yang diperoleh dari hasil riset akan dikembangkan oleh PT MRB dan PT MOHI untuk produksi alat kontrasepsi (kondom) bebas nitrosamin.

PT MITRA RAJAWALI BANJARAN

Bersama dengan PAIR-BATAN, BPTK menjalin konsorsium kerja sama riset dengan PT Mitra Rajawali Banjaran (MRB) dan  PT Moana Odina Harmoni Indonesia (MOHI) dalam mengembangkan “Produk Alat Kontrasepsi dari Lateks Karet Alam Irradiasi yang Bebas Nitrosamin dan Protein Alergen dalam Skala Industri”. Program konsorsium riset ini mendapatkan dukungan pendanaan dari Kementerian Ristek/BRIN melalui Skema Insentif Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI) TA 2020. 

PT MOANA ODINA HARMONI INDONESIA

Bersama dengan PAIR-BATAN, BPTK menjalin konsorsium kerja sama riset dengan PT Mitra Rajawali Banjaran (MRB) dan  PT Moana Odina Harmoni Indonesia (MOHI) dalam mengembangkan “Produk Alat Kontrasepsi dari Lateks Karet Alam Irradiasi yang Bebas Nitrosamin dan Protein Alergen dalam Skala Industri”. Program konsorsium riset ini mendapatkan dukungan pendanaan dari Kementerian Ristek/BRIN melalui Skema Insentif Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI) TA 2020.

UNIVERSITAS KRISTEN KRIDA WACANA 

Kemitraan antara BPTK dengan Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) baru dimulai pada tahun 2020. Kerja sama ini dimaksudkan untuk memfasilitasi pelaksanaan kegiatan riset Flagship Prioritas Riset Nasional (PRN) TA 2020-2024 dengan fokus “Bangunan Tahan Gempa, Tahan Api, Cepat Bangun, dan Murah” dan berhasil mendapatkan pendanaan dari Kementerian Ristek/BRIN – LPDP melalui Skema RISPRO Mandatori. Dalam konsorsium riset tersebut, BPTK akan berperan dalam merancang formulasi karet tahan gempa sedangkan pihak UKRIDA akan fokus pada desain struktur karet tahan gempa jenis High Damping Rubber Bearing (HDRB) yang sesuai untuk rumah tapak.

PUSLITBANG TEKNOLOGI MINYAK DAN GAS BUMI “LEMIGAS”

LEMIGAS dengan kompetensi yang dimilikinya dalam bidang teknologi minyak dan gas bumi sangat sesuai sebagai mitra BPTK dalam pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan mengenai pembuatan barang jadi karet yang tahan terhadap paparan DME. Kerja sama riset ini mendapatkan pendanaan dari PT Pertamina Persero.

PUSAT PENELITIAN JALAN DAN JEMBATAN – KEMENTERIAN PUPR

Perjalanan panjang telah dilalui oleh BPTK dan Pusat Penelitian Jalan dan Jembatan (Pusjatan) dalam mengembangkan dan menerapkan (uji gelar) teknologi aspal modifikasi polimer berbasis karet alam baik berupa lateks mapun karet padat (kompon, masterbatch, SKAT). Pada tahun 2016, BPTK bekerja sama dengan Pusjatan melakukan uji gelar skala lapang teknologi aspal karet berbasis lateks pravulkanisasi di jalan raya kawasan Danau Lido Bogor – Sukabumi sepanjang 2,5 Km.

RIKEN JAPAN

BPTK tetap berkomitmen untuk menjalankan riset-riset dasar, disamping riset terapan dan riset yang siap komersialisasi. Salah satunya diwujudkan dengan mengadakan International Research Collaboration dengan RIKEN Japan dan The Yokohama Rubber Co Ltd mengenai “Study Molecular Properties of Latex Coming From Several Rubber Clones and Species”. Kolaborasi riset ini berlangsung sejak tahun 2019 hingga saat ini.

THE YOKOHAMA RUBBER CO, Ltd

BPTK tetap berkomitmen untuk menjalankan riset-riset dasar, disamping riset terapan dan riset yang siap komersialisasi. Salah satunya diwujudkan dengan mengadakan International Research Collaboration dengan RIKEN Japan dan The Yokohama Rubber Co Ltd mengenai “Study Molecular Properties of Latex Coming From Several Rubber Clones and Species”. Kolaborasi riset ini berlangsung sejak tahun 2019 hingga saat ini.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2